December 3, 2020
  • 12:09 am Jebakan Bundling Indosat
  • 12:06 pm Elite Pass Garena Free Fire punya tema semangat dengan konten baru dan menarik!
  • 12:02 am Permohonan Sertifikat Penyelesaian Akulaku Tidak Ada Tanggapan
  • 12:01 pm 4A Games Mengumumkan Game Metro Baru dengan Mode Multiplayer
  • 12:00 am Pencurian Data untuk Aplikasi Kredit Home Credit Indonesia
Keluhan atas Pelayanan Shopee terkait Akun yang Dibajak

Pada tanggal 19 Oktober 2020 saya menerima pesanan di Shopee untuk ponsel senilai Rp. 1.699.000, – dengan nomor pesanan Shopee 201019Q4FXBUSU dengan ekspedisi pilihan pembeli JNE dikirim ke alamat di Jakarta juga. Order langsung diproses hari itu juga dengan detail barang yang saya kirimkan foto serta dokumentasi, jelas IMEI hp 355909111123504 dan 355910111123502, kondisi barang baru dan cap resmi Samsung. Barang tersebut dibungkus dengan buble wrap dan dimasukkan ke dalam kardus dan dikirim ke JNE dengan nomor resi 8825112096636058.

Keesokan harinya barang seharusnya sudah sampai di tempat tujuan karena masih dalam satu kota, tapi belum sampai setelah 2 hari kemudian pada tanggal 21 Oktober 2020 saya dapat telpon dari JNE menanyakan karakteristik paket terkirim dan saya cek paket masih berada di gudang rawagelam dan belum didistribusikan. Pembeli terus menanyakan keberadaan barang dan saya melapor ke JNE terkait keberadaan barang tersebut.

Pada tanggal 22 Oktober 2020, pembeli mengajukan komplain di Shopee karena belum menerima barang tersebut, penyelesaian Shopee saya harus menjawab dalam waktu 1×24 jam jika tidak dana akan diteruskan ke pembeli. Saya segera mengirimkan bukti barang dan resi pelacakan karena sudah jelas saya telah mengirimkan barang yang dipesan oleh pembeli.

Setelah berhari-hari komplain di Shopee tidak pernah ada respon dari admin, akhirnya admin Shopee mau membantu untuk menindaklanjuti ekspedisi yaitu JNE dan dengan keputusan akhir yang sangat mengecewakan untuk para seller. Pada tanggal 28 Oktober 2020, info admin Shopee berdasarkan Investigasi JNE, barang dinyatakan hilang oleh ekspedisi dan dilakukan refund penuh kepada pembeli dengan keluhan bahwa pengaduan di Shopee ditutup.

Sebagai pembeli, saya bertanya kepada Shopee apa garansi bagi saya sebagai penjual? jelas bahwa pengiriman barang sesuai pesanan dan pembeli juga tidak termasuk asuransi untuk pembelian barang (Shopee juga tidak memberikan asuransi untuk pembeli pilihan seperti marketplace lain).

Baca:  Blackpink akan memamerkan keahliannya di PUBG Mobile!

Dari keluhan saya kepada Shopee, saya hanya disuruh menunggu sampai nanti ada informasi sisa hasil klaim, jelas saya kecewa karena tidak ada jaminan sama sekali untuk penjual yang sudah ikut Shopee. Kalau ada asuransi dari ekspedisi saya juga tidak perlu repot, tidak perlu bingung, langsung klaim ke ekspedisi. Saat ini pengiriman barang tanpa asuransi dan Shopee tidak menyediakan dan tidak menjamin pengiriman barang dari penjual, walaupun harus melakukan klaim ke ekspedisi, paling lama hanya diganti 10x ongkos kirim.

Dan ternyata pada tanggal 30 Oktober 2020, memang benar ada dana masuk dari Shopee senilai Rp 90.000 sebagai pengganti barang yang hilang artinya hanya 10x Ongkir yang diganti. Saya sangat kecewa dengan Shopee yang tidak bisa menjamin kiriman penjual, jadi kalau jualan di Shopee ibarat berjudi jika barang hilang dalam ekspedisi tidak akan ada pengganti yang setara dan Shopee akan melepas begitu saja. Sedangkan jika kami ingin mengasuransikan diri ke ekspedisi JNE sudah tidak memungkinkan lagi karena sekarang kami sudah menggunakan cashless (dulu masih sistem manual bisa tambah asuransi sendiri di JNE)

Imang Rohiman
Jakarta Timur

Artikel ini dibuat oleh pengguna dan merupakan tanggung jawab penulis.

Artikel Barang Hilang pada Ekspedisi Penjual di Shopee Ditulis oleh Imang Rohiman dan diterbitkan pertama kali di Consumer Media.

Damaris

RELATED ARTICLES